Ka'bah

Ka'bah

Minggu, 03 Januari 2010

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SARANA PENCARIAN INFORMASI PEMBELAJARAN PADA MAHASISWA KEPERAWATAN

Efy Afifah

Abstrak
Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi sangat pesat dan menjangkau seluruh kehidupan manusia. Internet memberikan alternatif baru untuk menemukan dan mengindeks informasi. Di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia semakin dirasakan manfaatnya oleh sivitas akademika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran factor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan internet sebagai sarana pencarian informasi yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran pada mahasiswa keperawatan Universitas Indonesia. Penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan Cross sectional ini dilakukan pada 425 mahasiswa, dengan pengolahan data menggunakan test T independent. Hasil penelitian menunjukkan 100% responden sudah mengakses internet berkaitan dengan kegiatan pembelajaran. Sebagian besar responden (56%) menggunakan internet café sebagai tempat untuk mengakses informasi yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran. Sebagian besar responden (84,5%) dengan biaya kurang dari Rp 50.000,- setiap bulannya ada kecenderungan mengakses internet seminggu sekali (43,3%). Ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan tentang internet, dukungan keluarga, dukungan staf pengajar, biaya dalam mengakses, tempat mengakses internet dengan pemanfaatan internet sebagai sarana pencarian informasi (p<0,00). Sedangakan tidak ada hubungan yang bermakna antara variable dukungan teman sebaya dengan pemanfaatan internet (p>0,00). Pengembangan dan pemanfaatan infrastruktur internet kampus diperlukan sebagai salah satu persiapan untuk pengembangan kegiatan pembelajaran melalui internet di masa datang.

Kata kunci: mahaiswa keperawatan, kegiatan pembelajaran, penggunaan internet

Abstract
The development of information communication and technology increase significantly and reach almost all aspects in human life. Internet gives a new alternative and index information. The benefit of internet acces had been strongly felt by academic civitas especially those who had less information acces previously. The purpose of the study was to identify factors influencing the use of internet as means of searching information that were related to learning activity that support lectures for nursing students of University of Indonesia. The design of the study was descriptive explorative using cross sectional approach, with the number of sample were 425 respondents and using T-independent to analyze the data. The findings showed that all respondent (100%) had already internet acces related to learning activities that support lectures. Majority of the respondents (56%) used café internet as a place to acces information related to learning activies. Majority of the respondents (84,5%) spent less than Rp. 50.000,-each month and had the tendency to acces internet once a week (43,3%). There were strong relationship between the knowledge about internet, family support, academic staff support, cost for acces, place for the acces with the use of the internet as means of searching information that are related to learning activities that support variable with the use of internet. This research recommends to develop the faculty’s internet system and the infrastructure that supports it to prepare for the distance learning through internet in the future.

Key words: learning activity, student of nursing, utilize of internet







































HUBUNGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING (CL) and PROBLEM BASED LEARNING ( PBL) DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS INDONESIA

Efy Afifah, Elfi Syahreni


Abstrak
Lulusan merupakan hasil dari proses pendidikan. Setiap program pendidikan, termasuk di Fakultas Ilmu Keperawatan UI harus dapat menghasilkan lulusan yang bermutu yang sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi dan kebutuhan masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas lulusan melalui peningkatan kualitas metode pembelajaran. Penggunaan metode CL dan PBL yang mulai diterapkan sejak tahun 2002 dinilai dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penerapan metoda pembelajaran CL dan PBL terhadap motivasi peserta didik di FIK- UI. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasi. Sampel penelitian adalah sebanyak 143 peserta didik regular angkatan 2002 dan 2003. Analisa data daengan menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian ini menyimpulkan ada hubungan yang bermakna antara penerapan metode pembelajaran CL dan PBL dengan motivasi belajar mahasiswa keperawatan UI (p< 0,05)

Kata kunci: metode pembelajaran CL dan PBL, motivasi belajar mahasiswa keperawatan

Abstract
Graduate is a result of a learning procces. Each learning program, included in Faculty of Nursing University of Indonesia, must produce qualified graduate in time with knowledge and technology development. A qualified graduate can be achieved by many strategies. One of these strategies that has been suggested is an improvement of teaching and learning methods. Collaborative Learning (CL) and Program Based Learning (PBL) are known as good methods to increase critical thinking and problem solving competency of the graduate. The research purpose is to explore the correlation between nursing students’ motivation and application of CL and PBL methods in Faculty of Nursing-University of Indonesia. This research design is a descriptive correlation. The sample are 143 students from regular program, who were enrolled in 2002 and 2003 academic year. Data were analyze using chi-square test. The result of the study conclude that there are a significant correlation between CL and PBL application and nursing student’motivation in Faculty of Nursing-University of Indonesia (p<0,05).

Key words : CL and PBL methods, nursing students’s motivation

Tidak ada komentar:

Posting Komentar